[K-Drama] Queen Seondeok: Kisah Cinta Deokman, Kim Yu Shin, dan Bidam

by - April 08, 2018

Sebuah drama yang tanpa kisah percintaan sepertinya akan terasa hambar, sehambar hidup tanpa cinta mungkin #halah maka The Great Queen Seondeok pun menyisipkan kisah cinta diantara percaturan politik, perbutan tahta, dan peperangan. Kisah cinta utama yang disorot dalam QSD adalah antara tokoh utama, Deokman dengan Yushin, dan selanjutnya Deokman dengan Bidam. Mungkin karena berlatar di era Silla, kisah cinta tiga orang itu digambarkan manis and soo deep, tapi tidak berlebihan.

DEOKMAN & KIM YU SHIN
Kim Yu Shin adalah hwarang yang memimpin para nangdo dan Deokman menjadi salah satu nangdonya. Saat awal mereka bertemu, Deokman masih dalam penyamaran sebagai laki-laki. Lama kelamaan, Yu Shin mengetahui kalau Deokman sesungguhnya adalah seorang wanita. Witing tresno jalaran saka kulino, sering memimpin 'latihan militer' untuk Deokman dan nangdo lainnya, slow but sure, Yu Shin jatuh hati pada Deokman yang ceria dan gigih. Meskipun kadang memberi menu latihan militer yang keras untuk Deokman, Yu Shin sebenarnya selalu berusaha melindungi Deokman, apalagi ketika mereka sedang berada di medan perang.

Kim Yu Shin dan Deokman dalam salah satu adegan saat pelarian.
(pic source).
Ketika Mishil sang bangsawan jahat mengetahui jati diri Deokman yang sesungguhnya, yaitu bahwa Deokman adalah seorang wanita yang merupakan anak Raja Jinpyeong yang dibuang, Mishil ingin menangkap Deokman. Mendengar rencana jahat itu, Deokman lari istana dibantu Kim Yu Shin. Perasaan cinta kedua makhluk ini mulai ditunjukkan secara gamblang dalam masa-masa pelarian. Deokman bertanya kepada Yu Shin tentang apa yang membuat Yu Shin rela berjuang membantu Deokman kabur, padahal nyawa bisa jadi taruhannya. Alasan yang dikemukakan Yu Shin saat itu bagi Deokman terlalu mengada-ada, lalu Deokman to the point ke pertanyaan: "Apakah kamu membantuku karena kamu mencintaiku? Itu tidak mungkin kan?" lalu Deokman pergi setelah mengucapkan kalimat itu, tapi Yu Shin menahannya dan mengatakan: "Aku tidak pernah mengatakan aku tidak mencintaimu." Helah, Mas Yu Shin bikin para pemirsa jadi shy shy aja nih. Eh, tapi Deokman sempet bilang kalau "Semua dianggap teman, para nangdo lain dan Kim Yu Shin hanyalah sebatas teman buat Deokman." Duh, Mbak...I smell another bullshit here wkwkwk. Biasanya yang bilang kek gitu lama-lama bakal jatuh cinta loh sama temennya itu. Ye kan? Akhirnya Deokman nyadar juga kan kalo deep inside doi naksir Yu Shin ahelah, kayak anak kecil wae lho wkwk.

Dalam pelarian itu pula, Yu Shin menawarkan kepada Deokman untuk kabur aja dari Silla dan kembali hidup ke Gurun Taklamakan. Lari dari segala prahara di Silla, kembali hidup jauh dari keluarga (Raja Jinpyeong, Ratu Maya, dan Putri Cheonmyeong), lepas dari penyamaran sebagai pria, dan hidup bahagia sebagai wanita...bersama Yu Shin. Awalnya, Deokman menyetujui rencana itu, namun terbunuhnya Cheonmyeong di tangan seorang pasukan Mishil membuat Deokman ingin balas dendam dengan  cara menjadi yeowang (female king). Menjadi Yeowang berarti ia harus mendedikasikan hidupnya pada rakyat Silla dan mengesampingkan perasaan sebagai wanita. Ia bahkan memilih untuk tidak menikah demi menghindari konflik politik. Di saat Deokman memilih tahta dan mengurungkan niat untuk kabur bersama Yu Shin ke gurun itu, Yu Shin pun memilih mendukung Deokman dan menjadi orang yang bakal selalu bisa Deokman andalkan. OMG! This scene make me cry a lot.

This dialogue (pic source).
(pic source)
Ini nemu di blog orang tapi lupa alamatnya apa :(( Maafkan.
But thanks for you who write this.


Cinta Yu Shin dan Deokman lebih banyak digambarkan lewat tindakan atau percakapan-percakapan yang mengena. Misalnya ketika Yu Shin bertarung mati-matian untuk menjadi Komandan Hwarang (Pongwolju), karena hanya dengan cara memperoleh kekuasaan pongwolju itulah, Yu Shin bisa membantu Deokman mewujudkan cita-citanya. Yu Shin juga memimpin pasukan-pasukan untuk berperang melawan Baekje dan Goguryeo agar Silla tak kehilangan wilayahnya. Bahkan ketika ia dijebak Bidam dan dijebloskan ke penjara, ia tetap merancang strategi perang untuk menyelamatkan Silla. Ia rela segala kekuasaan atau idenya diambil Bidam, asal Silla selamat. Kebayang kan? Betapa itu adalah cinta yang level embuh meski tak bisa memiliki. Jangan harap akan menemukan banyak kontak fisik berlebihan pada cinta mereka. Tidak. Cinta Yu Shin dan Deokman adalah cinta yang bisa Anda rasakan ketulusannya meski tidak ditunjukkan secara gamblang. Kalau biasanya saya kena sindrom pada love story-nya second lead, kali ini saya lebih suka dengan jenis cintanya Yu Shin - Deokman.

Ketulusan, kesetiaan, dan kompetensi yang dimiliki Yu Shin dikagumi oleh Mishil dan sang tokoh antagonis ingin Yu Shin menjadi anak buahnya. Mishil mengancam pengungsi Gaya (Kim Yu Shin adalah keturunan Kerajaan Gaya yang sudah runtuh) yang berada di Silla agar Yu Shin mau bergabung dengan Mishil, tapi Kim Yu Shin menolak. Ia berlutut di hadapan Mishil, memohon agar Mishil menyelamatkan pengungsi Gaya dan merelakan dirinya tetap melayani Deokman. Mishil mengizinkan dengan satu syarat: Kim Yu Shin harus menikahi keponakan Mishil. Jaman dulu mah emang gitu, segala pernikahan untuk menguatkan kekuasaan semata. Yes, Yu Shin is kinda person who swallowing his pride for something called love. Gengsinya doi nggak lebih gede dari perasaan cintanya. Karena itu memang satu-satunya cara, menikahlah Yu Shin dengan keponakan Mishil. Betapa perih hati Deokman mendengarnya, namun di sisi lain, Deokman tetap menyadari bahwa meski Yu Shin menikah dengan wanita lain, hati Yu Shin tetap untuk Deokman seorang. This is so crazy and painful. Aku jadi inget sebuat kuwots berikut ini:

Ngeri, tapi bisa jadi begitulah realitanya (pic source).
Adegan percakapan Deokman dan Yu Shin sebelum Deokman meninggal (pic source).
Dan lagi, setelah Bidam yang sempat ingin dinikahi Deokman meninggal, sebuah percakapan terjadi antara Yu Shin dan Deokman menjelang akhir hayat Deokman. Inti percakapan itu adalah: "Yu Shin, dulu kita sempet mau kabur dari Silla kan? Tapi nggak jadi. Gimana kalau sekarang kita kabur aja?" What the h*ll, ini ratu padahal yaa udah sempet mau nikah sama Bidam dan tau kalo Yu Shin punya istri eh tetep aja yaa, deep inside hati tak bisa dibohongi. Entah kenapa cinta mereka ini begitu menyentuh hati saya.... That person who you can always trust and rely on~


DEOKMAN & BIDAM
Kalau cinta Yu Shin dan Deokman digambarkan dewasa, saling memahami, dan berlandaskan rasa percaya. Lain halnya dengan Bidam dan Deokman. Keduanya bertemu dalam masa pelarian dari Mishil dimana Bidam yang seorang pendekar pedang membantu Yu Shin melindungi Deokman. Benih-benih cinta mulai tumbuh dalam hati Bidam lewat percakapan-percakapan kecil dengan Deokman. Kalau kata guru pedangnya Bidam sih, Deokman itu berhasil mengeluarkan rasa kasih sayang dalam diri Bidam yang selama ini seolah tertutup rapat.

Awal pertemuan Bidam dengan Deokman (pic source).
Jika Yu Shin nggak pernah melakukan hal-hal cheesy sekehendak hati, maka Bidam adalah orang yang impulsively bakal menuruti kata hatinya. Ada tuh adegan dimana Bidam ngasih bunga ke Deokman yang bikin Deokman tersipu malu. Bidam nggak segan-segan melempar humor lucu kalau Deokman sedih, karena ia ingin lihat Deokman tersenyum. Di saat Deokman menyandang gelar gungju dan orang-orang berbicara sopan padanya, Bidam memilih tetep bicara santai layaknya teman kepada Deokman. Kalau Deokman lagi ragu atau khawatir dengan keputusan yang diambilnya, Bidam ini nggak ragu buat genggam tangan Deokman untuk menguatkan. Bidam tidak melihat orang yang dicintainya sebagai Ratu Silla melainkan seorang wanita bernama Deokman. Dan sikap inilah yang perlahan membuat Deokman jatuh hati.

Sebuah adegan antara Bidam dengan Deokman (pic source).
Sayangnya, Bidam ternyata merupakan anaknya Mishil alias rival politiknya Deokman. Inilah yang sering bikin Bidam galau, dia takut kalau Deokman tahu doi anaknya Mishil nanti bakal dijauhin. Dia juga gak bisa sepenuhnya mendukung Deokman, karena itu berarti melawan ibunya (yang telah menelantarkannya dan bahkan nggak mengakui Bidam sebagai anak hingga akhir hayat). Dalam hati Bidam yang terdalam, dia hanyalah seorang anak yang rindu kasih sayang ibunya tapi juga mencintai wanita yang ingin dijadikan kekasih hatinya. Namun, anxiety Bidam lama-lama makin memuncak, dia khawatir kalau-kalau Deokman suatu saat bakal membunuhnya. Bidam juga cemburu dengan kepercayaan yang diberikan Deokman pada Kim Yu Shin. Bahkan, meski jabatan-jabatan tertinggi negara diberikan Deokman pada Bidam, ia tetap merasa Deokman tak mempercayainya.

Mishil menyindir sifat Bidam (pic source).
Bidam selalu mencari cara agar Deokman melihatnya, dia selalu butuh approval dari Deokman atas segala pencapaiannya. Beragam cara dilakukan Bidam buat caper ke Deokman, mulai dari nangkepin koruptor, memenjarakan Yu Shin yang dituduh memberontak, bahkan membujuk Mishil agar bersedia menyerah kepada Deokman (dan bisa dibilang berhasil). Lama-lama Bidam caper level: pengen jadi raja biar tampak nasionalis dan patut dicintai. Padahal tuh ya, tanpa harus kakean polah, Deokman udah selalu percaya sama Bidam...sampai akhir. Deokman tahu kalau Bidam berusaha melemahkan Yu Shin, mengincar tahta, dsb...tapi dia selalu berusaha positive thinking, bahwa Bidam sebenernya nggak bermaksud jahat. Mungkin ada salah paham aja diantara mereka. Tapi Bidam sebaliknya, dia mudah dihasut orang lain untuk menjatuhkan Deokman, dia mudah kemakan omongan tanpa terlebih dahulu mengkonfirmasi ke Deokman. Aih, Mas Bidam yang terhormat, komunikasi itu pentin dalam cinta. Orang yang sering komunikasi aja bisa berakhir nggantung, apalagi kalau komunikasinya kurang sip.

Di tengah semua kejahatan (yang seolah tanpa sadar dilakukan) Bidam, ia masih sering mengunjungi Deokman, menanyakan kesehatannya, menghiburnya, mengkhawatirkannya. Disini Deokman seneng, ketika semua orang melihat dia sebagai Ratu yang didewakan, Bidam selalu melihatnya sebagai manusia. Mereka pun memutuskan menikah. Mendengar kabar itu, Yu Shin sedih oh ternyata tapi ia tetep mendukung pernikahan Deokman dan Bidam, karena dengan begitu ia lega bahwa Deokman akan mendapatkan sandaran hatinya, dan itu adalah Bidam yang begitu dikenalnya. Nah, ini agak bingungin sih...kayak di hati Deokman itu ada dua orang gitu. Cintanya terbagi, buat Yu Shin di sisi terdalam hati dan direlakannya plus buat Bidam yang disayanginya. Memang yha Mbak Deokman, realita cinnta kadang memang sepelik itu ahahaha.

Ini mereka berdua udah tukar cincin gitu ceritanya (pic source).
Sebelum menikah, Bidam dan Deokman bertukar perjanjian atas inisiatif Bidam. Isi perjanjian itu adalah bahwa Bidam akan menyerahkan segala jabatan politiknya saat ia menikahi Deokman kelak. Yah, namanya orang kasmaran emang suka seenaknya bikin janji, yang pastinya bakal dilanggar sendiri. Sounds familiar kan pemirsaa? Yes, karena terpengaruh omongan bawahannya, boro-boro turun dari jabatannya, Bidam malah menyusun pasukan buat mengkudeta Deokman. Seperti yang sudah saya tulis di artikel-artikel sebelumnya, Bidam ini kasihan, doi butuh psikiater buat nolong kesehatan emosionalnya tapi waktu itu belum ada profesi psikiater huhu.

Deokman tuh ya dalam hati sebenernya berniat bahwa dia bakal turun tahta dan hidup normal sebagai orang biasa setelah menikahi Bidam. Janji Deokman ini nggak sempet ia ucapkan kepada Bidam, karena Bidam keburu berbalik melancarkan aksi kudeta. Akhirnya Deokman sebagai Ratu nggak punya pilihan lain, pemberontak di Silla, siapapun itu harus dihukum mati. Maka ia memerintahkan Kim Yu Shin untuk menumpas pemberontakan dan membunuh Bidam sekaligus pengikut-pengikutnya. Dalam kondisi terdesak pasukan Yu Shin dan jelas-jelas udah kalah, Bidam ngotot ketemu ratu. Dengan kemampuan bela dirinya, ia meringsek masuk melewati blokade pengawal kerajaan. Tentu saja, pemberontak nggak boleh ketemu ratu. Akhirnya, di hadapan Sang Ratu, Kim Yu Shin menghunuskan pedang pada Bidam. Di hadapan wanita yang dicintainya, Bidam tumbang dan menghembuskan nafas terakhirnya. Doekman yang dalam hati masih cinta sama Bidam pun pingsan di lokasi karena tak kuat menahan sedih. Namun, sebagai ratu ia tak punya pilihan lain.

Bidam di hari pemberontakannya (pic source).
Itulah akhir hidup Bidam, he has no glory at all. Sejarah mengenangnya sebagai pemberontak, pun ia tak berhasil menikahi gadis yang dicintainya dan tak berhasil menjadi Raja Silla. Kalau biasanya kisah cinta second lead itu bikin nyesek nggak karuan, kali ini saya tidak. Saya sudah gemes sama inkonsistensi Bidam dari awal. Apa yang dilakukan Bidam juga banyak didasari pamrih yang justru membuat ia tak memperoleh apa-apa. Di sisi lain, saya kasihan juga sama sosok Bidam yang bisa dibilang sejak kecil nggak bahagia dan nggak mendapat kasih sayang sepenuh hati dari siapapun. 

You May Also Like

8 comments

  1. Lha sama min, ternyata ada yg satu pemikiran ama aku.. Wkwk
    Emang biasanya kita tuh jatuh cinta ama seken lid, tapi gue gak gitu di drama ini
    Malah menurutku cinta yg bener2 murni tuh antara deokman-yushin, secara si menurut aku yaa, yushin tuh "first love" nya deokman, otomatis susah dilupainn.. *gue sedih pas yushin kawin ama cucu nya mishil
    Pen protes ke writernim nya yaa kagak mungkin,hancurlah kapal yudeok kapel* wkwk..
    Iyup, gue juga mikir, deokman ni hati nya tu ke siapa sebenernya? Ke yushin kah atau ke bidam kah..
    Ahh greget ama ni drama pokoknya

    ReplyDelete
  2. Waaah. Ini ternyata artikel baru ya. Aku baru nonton drama ini buat kedua kalinya dan tetep gak sanggup liatnya karena nyesek banget liat cintanya yushin dan deokman T.T

    Aku setujuuuu banget sama semua yang di artikel ini. Dan rasanya pengen protes sama penulis ceritanya T.T

    Kalau menurut aku sih sebenernya deokman dan yushin tetep saling mencintai sampai akhir sih tapi. Tapi tetep nyesek banget rasanya. Apalagi liat babang Yushin oh babang Yushin. Cintamu unconditional bangettt T.T

    ReplyDelete
  3. https://chikenking.net/2019/05/01/arena-gc2-wala-perkasa-meron-tak-berdaya
    Arena GC2 Wala Perkasa Meron Tak Berdaya (live)
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : t.me/bolavita

    Baca Selengkapnya Tentang Prediksi Skor Bola Hiburan : EURO2020

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Kak kalau menurut saya adalah seorang bidan memberontak karena cemburu dan ia ingin memiliki deokman seorang, dia adalah korban omonngan bawahan misil yg ingin mencuri tahtah dari deokman, di akhir episode deokman tahu kalau doi sama bidan itu salah paham satu sama lain

    ReplyDelete
  7. Telah hadir di bolavita deposit via pulsa telkomsel dan XL
    dan banyak bonus2 mendarik lain nya min depo 25 rbu bisa jadi jutawan
    ayo segera daftar dan buktikan sendiri sabung ayam pw

    info lbh lanjut:
    WA: +62812-2222-995

    ReplyDelete